Semua rencana bisnis harus memuat analisis
pasar yang mengidentifikasi target pasar dan menyediakan informasi tentang
kompetitor. Investor perlu melihat bagaimana bisnis Anda menghasilkan uang di
pasar saat ini sehingga penting sekali menunjukkan apa yang membedakan Anda
dengan yang lain. Untuk membuat analisis pasar yang baik, Anda harus melakukan
riset ekstensif dan mungkin mempekerjakan konsultan riset.
Riset pasar mencari
informasi yang akan membantu Anda memasarkan bisnis secara efektif. Tuliskan
apa yang tidak Anda ketahui tentang basis pelanggan potensial. Pertimbangkan
beberapa hal berikut :
Ukuran
pasar. Misalnya, Anda ingin mendirikan bisnis
khusus untuk anak-anak. Apakah Anda tahu berapa banyak orang dalam radius 30 km
yang memiliki anak? Orang-orang itulah yang bisa menjadi calon pelanggan Anda.
·
Pendapatan.
Apakah Anda mengetahui berapa besar pendapatan target pelanggan? Informasi ini
akan memengaruhi berapa biaya yang dapat Anda bebankan dan apakah bisnis Anda
akan menguntungkan.
Mungkin Anda perlu mengetahui jumlah
rumah di area pilihan, atau jumlah orang yang tinggal di suatu kota. Informasi
tersebut biasanya disediakan untuk publik. Cobalah mencari informasi di Badan
Pusat Statistik atau kantor pemerintah daerah.
Jika Anda aktif di media sosial, Anda
bisa mengetahui statistik demografis. Lihat siapa yang mengikuti Anda dan catat
usia, gender, dan lokasi mereka
Anda membutuhkan informasi dasar tentang
pasar, seperti ukurannya dan tren terbaru. Pertimbangkan untuk menghubungi
asosiasi industri untuk mencari informasi tentang kondisi industri saat ini.
Anda juga dapat mencari informasi ini di internet. Biasanya, asosiasi
memublikasikan survei atau riset lain.
Pasar
saat ini belum tentu merupakan target pasar Anda. Misalnya, bisnis memangkas
rumput yang Anda miliki mungkin hanya beroperasi dalam lingkup lokal, tetapi
Anda berharap dapat mengembangkan bisnis taman regional. Namun, Anda bisa
mendapatkan informasi penting dari pelanggan yang sudah ada. Anda bisa meminta
mereka mengisi survei via surel. Atau, cetak survei dan serahkan bersama
kuitansi yang Anda berikan kepada mereka.
·
Tanyakan
kepada pelanggan mengapa mereka menggunakan jasa Anda. Apakah karena harga,
kenyamanan, kualitas, atau lainnya?
·
Tanyakan
apakah mereka melihat promosi Anda. Cari tahu bagaimana mereka mengetahui
bisnis Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar