Rabu, 24 Juli 2019



Gambar terkait

Semua rencana bisnis harus memuat analisis pasar yang mengidentifikasi target pasar dan menyediakan informasi tentang kompetitor. Investor perlu melihat bagaimana bisnis Anda menghasilkan uang di pasar saat ini sehingga penting sekali menunjukkan apa yang membedakan Anda dengan yang lain. Untuk membuat analisis pasar yang baik, Anda harus melakukan riset ekstensif dan mungkin mempekerjakan konsultan riset.

1.Evaluasi informasi apa yang tidak Anda ketahui. 

Riset pasar mencari informasi yang akan membantu Anda memasarkan bisnis secara efektif. Tuliskan apa yang tidak Anda ketahui tentang basis pelanggan potensial. Pertimbangkan beberapa hal berikut :

Ukuran pasar. Misalnya, Anda ingin mendirikan bisnis khusus untuk anak-anak. Apakah Anda tahu berapa banyak orang dalam radius 30 km yang memiliki anak? Orang-orang itulah yang bisa menjadi calon pelanggan Anda.

 Media pilihan. Apakah Anda mengetahui publikasi atau media apa yang digunakan pelanggan? Jika ingin menggunakan promosi berbayar, Anda membutuhkan informasi ini.

·         Pendapatan. Apakah Anda mengetahui berapa besar pendapatan target pelanggan? Informasi ini akan memengaruhi berapa biaya yang dapat Anda bebankan dan apakah bisnis Anda akan menguntungkan.

2.Gunakan informasi yang tersedia untuk publik.

Mungkin Anda perlu mengetahui jumlah rumah di area pilihan, atau jumlah orang yang tinggal di suatu kota. Informasi tersebut biasanya disediakan untuk publik. Cobalah mencari informasi di Badan Pusat Statistik atau kantor pemerintah daerah.


3.Temukan informasi di media sosial.

Jika Anda aktif di media sosial, Anda bisa mengetahui statistik demografis. Lihat siapa yang mengikuti Anda dan catat usia, gender, dan lokasi mereka

4.Hubungi asosiasi industri. 

Anda membutuhkan informasi dasar tentang pasar, seperti ukurannya dan tren terbaru. Pertimbangkan untuk menghubungi asosiasi industri untuk mencari informasi tentang kondisi industri saat ini. Anda juga dapat mencari informasi ini di internet. Biasanya, asosiasi memublikasikan survei atau riset lain.

5.Lakukan survei tentang pelanggan Anda saat ini.

Pasar saat ini belum tentu merupakan target pasar Anda. Misalnya, bisnis memangkas rumput yang Anda miliki mungkin hanya beroperasi dalam lingkup lokal, tetapi Anda berharap dapat mengembangkan bisnis taman regional. Namun, Anda bisa mendapatkan informasi penting dari pelanggan yang sudah ada. Anda bisa meminta mereka mengisi survei via surel. Atau, cetak survei dan serahkan bersama kuitansi yang Anda berikan kepada mereka.

·         Tanyakan kepada pelanggan mengapa mereka menggunakan jasa Anda. Apakah karena harga, kenyamanan, kualitas, atau lainnya?

·         Tanyakan apakah mereka melihat promosi Anda. Cari tahu bagaimana mereka mengetahui bisnis Anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Syarat dan Ketentuan Program Afiliasi Shopee,Tokopedia, Lazada

 A. Tujuan Pembelajaran Setelah melakukan kegiatan mengamati, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan tentang materi afiliasi ma...