~segmentasi pasar~
A. Pengertian
segmentasi pasar
:Segmentasi
pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli
yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda
yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda.
~Pengertian segmentasi pasar menurut para ahli :
1. Pride dan
Ferrel
Menurut Pride
dan Ferrel, market segmentation adalah suatu sistem membagi market ke
segmen-segmen pelanggan potensial dengan kesamaan karakteristik yang
memperlihatkan terdapatnya kesamaan tingkah laku konsumen.
2. Philip Kotler
dan Gary Amstrong
Menurut Philip
Kotler dan Gary Amstrong, pengertian segmentasi pasar adalah pembagian sebuah
market menjadi beberapa kelompok pembeli yang berbeda.
3. Swastha dan
Handoko
Menurut Swastha
dan Handoko, pengertian segmentasi pasar adalah aktivitas membagi–bagi market
yang memiliki sifat heterogen kedalam satu-satuan market yang bersifat homogen.
B. Tujuan segmentasi pasar
Berikut adalah
beberapa tujuan segmentasi pasar:
1. Memudahkan
Dalam Membedakan Pasar
Salah satu
kesulitan perusahaan dalam proses pemasaran produk adalah keadaan pasar yang
sifatnya heterogen dimana minat dan selera konsumen sangat beragam dan terus
berkembang.
Dengan
mengelompokkan konsumen yang sifatnya homogen maka perusahaan akan lebih mudah
memahami kebutuhan dan minat konsumen. Hasil akhirnya, suatu pasar akan lebih
mudah untuk dibedakan dengan kelompok pasar lainnya.
2. Pelayanan
Konsumen Menjadi Lebih Baik
Empat hal
penting yang paling diperhatikan oleh konsumen dalam pemenuhan kebutuhannya
adalah kualitas, harga, pelayanan, dan ketepatan waktu. Dan pelayanan yang baik
merupakan hal krusial dari keempat hal penting tersebut.
Dengan melakukan
market segmentation, maka perusahaan akan lebih mudah memberikan pelayanan
sesuai dengan segmentasinya.
3. Strategi
Pemasaran Lebih Terarah
Strategi pemasaran
pada pasar yang homogen akan lebih mudah ketimbang pada pasar yang heterogen.
Strategi pemasaran pada pasar homogen akan lebih terarah, termasuk menyusun
bauran pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi.
Dengan adanya
pengelompokan pasar maka perusahaan dapat mengarahkan dana dan usahanya ke
market yang potensial dan lebih menguntungkan.
4. Mengenal
Kompetitor dengan Segmen yang Sama
Setelah memahami
pembeli yang berada pada suatu segmen pasar, tentunya perusahaan juga akan
dapat mengetahui siapa saja kompetitor di segmen yang sama dan aktivitas apa
yang dilakukan oleh kompetitor.
Dengan begitu,
maka perusahaan dapat mempelajari dan meniru strategi pemasaran komptetitor
tersebut sehingga dapat merebut perhatian konsumen.
5. Evaluasi
Target dan Rencana Bisnis
Setelah memahami
segmen pasar dan karakteristiknya, maka perusahaan dapat melakukan suatu
evaluasi atas kegiatan pemasaran yang pernah dilakukan sebelumnya.
C. Manfaat Segmentasi Pasar
Segmentasi pasar
dilakukan bukan tanpa alasan. Ada beberapa manfaat yang ingin didapatkan oleh
perusahaan, diantaranya adalah:
·
Perusahaan
memiliki dan menerapkan ide pemasaran yang lebih terarah.
·
Perusahaan
akan terbantu dalam hal pengaturan produk menjadi lebih baik.
·
Perusahaan
mengetahui dan membandingkan peluang pasar baru.
·
Perusahaan
dapat menyusun dan menggunakan budget yang ada secara efektif dan efisien.
·
Perusahaan
akan terbantu dalam menciptakan daya tarik di bidang pemasaran.
·
Perusahaan
akan berada pada situasi yang lebih menguntungkan di pasar.
D. Syarat Segmentasi Pasar
Berikut ini
adalah beberapa syarat segmentasi pasar yang efektif:
·
Dapat
Diukur (Measurable), pengelompokan pasar harus terukur, baik dalam besarnya,
luasnya, serta daya beli konsumen pada segmen pasar tersebut.
·
Dapat
Dijangkau (Accessible), segmentasi pasar juga harus bisa dilaksanakan. Dengan
kata lain, strategi pemasaran yang dibuat dapat dilakukan dan dapat melayani
segmen pasar dengan baik.
·
Cukup
Besar (Substantial), pengelompokan pasar harus cukup besar sehingga dapat
menguntungkan ketika dilayani oleh perusahaan.
·
Dapat
Dibedakan (Differentiable), artinya segmen pasar yang dikelompokkan harus dapat
dibedakan dengan jelas.
·
Dapat
Dilaksanakan (Actionable), market segmentation harus dapat dilayani atau
dijangkau oleh sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan.
E. Dasar segmentasi
Dalam melakukan
segmentasi pasar, kita dapat merujuk pada beberapa dasar pelaksanaannya. Adapun
beberapa dasar segmentasi pasar adalah sebagai berikut:
·
Demografis,
yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan demografis yang meliputi jenis
kelamin, usia, pendidikan, penghasilan, pekerjaan, agama, ras, dan lain-lain.
·
Geografis,
yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan aspek geografis yang meliputi
lokasi atau daerah, wilayah, iklim, kepadatan penduduk, dan lainnya.
·
Psikografis,
yaitu dasar pengelompokan pasar berdasarkan ciri-ciri kepribadian, yang
meliputi kepribadian, kelas sosial, dan gaya hidup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar