NAMA : AISYAH GUMARANG.
KELAS/NO ABSEN : X BDP/01 (SATU)
Tugas Latihan Soal Marketing Kelas X BDP
Kerjakan Soal-soal ESSAY dibawah ini
dengan singkat dan Jelas Jawaban !
1. Jelaskan Pengertian Segmentasi
Pasar, dan sebutkan tujuan
dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan!
: a. Pengertian
Segmentasi Pasar
Segmentasi
pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau
segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda.
b. Tujuan
Segmentasi Pasar
· Pasar lebih
mudah dibedakan
· Pelayanan kepada
pembeli menjadi lebih baik
· Strategi pemasaran
menjadi lebih mengarah
· Menganalisis
pasar
· Menemukan ceruk
peluang
· Menguasai posisi
yang superior dan kompetitif
· Menentukan strategi
komunikasi yang efektif dan efisien.
2. Dalam melakukan segmentasi pasar
harus memenuhi kriteria sbb,
Jelaskan dengan singkat dan jelas
masing-masing kriteria tersebut
a. Measurable
:
(Terukur)
Segmen pasar
harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan
dalam segmen ini). Riset pasar yang andal harus mampu mengidentifikasi ukuran
segmen pasar hingga tingkat akurasi yang masuk akal, sehingga ahli strategi
kemudian dapat memutuskan apakah, bagaimana, dan sejauh mana mereka harus
memfokuskan upaya mereka pada pemasaran ke segmen ini.
b. subtantial
:
(Substansial)
Sederhananya,
tidak akan ada gunanya membuang anggaran pemasaran dalam pasar yang tidak cukup
besar, atau memiliki daya beli negatif. Segmen pasar yang layak adalah dari
kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia,
latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga
penting di sini. Tidak ada ahli segmentasi pasar yang akan merekomendasikan
untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan
bubar, satu atau dua tahun.
c. Accesible
:
(Dapat
diakses)
Ketika
melakukan riset terhadap segmen pasar, penting untuk mempertimbangkan bagaimana
audiens dapat mengakses informasi
tersebut. Lalu, Anda juga harus mengenal kekuatan dan kemampuan departemen
pemasaran perusahaan Anda. Mungkin ada
segmen yang efektif menanggapi iklan outdoor lebih baik seperti baliho atau
papan reklame. Namun ada pula segmen yang lebih suka menanggapi informasi
melalui kampanye media sosial, iklan
televisi, atau sejumlah pendekatan lainnya.
d. Diferentiable
:
(Dapat
dibedakan)
Segmen pasar
yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen
memiliki preferensi dan karakteristik yang sama), namun secara eksternal adalah
heterogen. Perbedaan antara segmen pasar harus didefinisikan dengan jelas
sehingga kampanye produk dan alat
pemasaran dilaksanakan tidak tumpang tindih.
3
Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada,
Jelaskan dengan singkat dan jelas
masing-masing segmentasi
tersebut berikan contohnya!
a.
Preferensi Pelanggan
: Preferensi pelanggan seperti persepsi bahan
makanan. Misalnya, merek saus salad dengan semua bahan alami untuk pelanggan
yang tidak menyukai bahan yang terdengar seperti bahan kimia.
b.
Sensitifitas harga
: Di luar penghasilan, orang memiliki kepekaan
harga yang berbeda dibandingkan dengan kategori produk. Misalnya, konsumen
iphone yang membeli smartphone tersebut dengan harga yang kebanyakan orang
bilang cukup mahal, namun tidak bagi para pecinta produk Apple yang tahu
kelebihannya.
4. Jelaskan maksud pengelompokan
segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis
:
Demografi
seperti usia, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, agama, dan etnis.
Misalnya, produk asuransi untuk manula.
c.
Geografis
:segmentasi pasar ini dibagi kedalam beberapa
bagian geografi seperti Negara,wilayah,kota,desa
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar
dengan Analis Pasar!
: segmentasi
pasar itu mrnganalisis karakteristik pembeli. Hasil analisis itu akan beragam
dan masuk kedalam karakteristik pembeli yang berbeda beda maka dibutuhkan
marketing yang bisa mengurus diberbagai bidang.
Hai
BalasHapus