Materi Media Sosial Sebagai Peluang Bisnis Online
yang Menguntungkan
A. Materi Pelajaran Perkembangam media sosial sebagai salah
satu bagian dari perkembangan bisnis online sangat berguna bagi pengusaha untuk
dijadikan sebagai media pendukung dalam memasrkan produknya kepada konsumen.
Perkembangan media sosial sangat cepat seakan bagi yang tidak mengikuti akan
tertinggal jauh dibelakang, media sosial begitu diminati selain sebagai
eksistensi juga dapat menjadi media pemasaran yang efektif sekaligus efisien,
selain bisnis online yang menggunakan e-commerce dan marketplace atau media
sejenisnya. Sebelum membahas lebih jauh tentang peranan media sosial dalam
bisnis online, sebaiknya pahami dulu apa itu media sosial secara umum.
1.
Pengertian Media Sosial Media sosial di desain untuk memudahkan interaksi sosial
yang bersifat maya, dimana komunikasi real time antar pengguna. Media sosial
berbasis teknologi internet, yang mengubah pola penyebaran informasi dari yang
sebelumnya bersifat satu arah menjadi ke banyak arah. Aspek Media sosial ada
tiga hal utama, yaitu :Teknologi digital yang menekankan pada user-generated
content atau interaksi, Karakteristik media, serta Jejaring sosial seperti
Facebook, Twitter, Instagram, dan lain-lain sebagai contoh model interaksi.
Pengertian Media Sosial Menurut Para Ahli :
1. Philip Kotler dan Kevin Lane
Keller (2016) – Media sosial adalah media yang digunakan oleh konsumen untuk
berbagi teks, gambar, suara, dan video informasi baik dengan orang lain maupun
perusahaan dan vice versa. (Baca : Bauran Komunikasi Pemasaran – Strategi
Komunikasi Pemasaran)
2. Caleb T. Carr dan Rebecca A. Hayes (2015) – Media
sosial adalah media berbasis Internet yang memungkinkan pengguna berkesempatan
untuk berinteraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun
tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari
user-generated content dan persepsi interaksi dengan orang lain. Dapat
disimpulkan media sosial adalah media yang digunakan oleh pengguna/konsumen
untuk berbagi aktivitas berupa teks, gambar, suara, dan video secara luas
dengan fitur-fitur yang selalu mengalami pembaharuan sesuai dengan karakteristik
penggunanya.
2. Fungsi Media Sosial Fungsi media sosial dapat kita ketahui
melalui sebuah kerangka kerja honeycomb. Pada tahun 2011, Jan H. Kietzmann,
Kritopher Hermkens, Ian P. McCarthy dan Bruno S. Silvestre menggambarkan
hubungan kerangka kerja honeycomb sebagai penyajian sebuah kerangka kerja yang
mendefinisikan media sosial dengan menggunakan tujuh fungsi utama, yaitu:
1.
Promosi diri/ edentity Media sosial menggambarkan pengaturan identitas para
pengguna dalam sebuah media sosial menyangkut nama, usia, jenis kelamin,
profesi, lokasi serta foto. Pengaturan profil yang terus mengalami penyesuaian
sehingga konsumen terus mengisi profilnya, disisi bisnis profil yang semakin
lengkap membantu pemilik akun untuk menawarkan profil tersebut bagi para
perusahaan agar mereka dapat berpromosi secara tertargeting, sedangkan bagi
konsumen profil membantu mereka mempromosikan dirinya.
2. Percakapan Percakapan
pada media sosial menggambarkan pengaturan para pengguna berkomunikasi dengan
pengguna lainnya. Seseorang yang menggunakan media sosial tidak lengkap bila
tidak melakukan chat dan percakapan. Fungsi ini amat penting bagi media sosial
sehingga bila tidak terdapat fungsi ini maka media sosial tersebut akan kalah
bersaing dengan media sosial yang lain. Inilah yang membuat banyak website media
sosial berlomba-lomba melakukan peremajaan terkait websitenya agar semakin baik
menyediakan konten kepada pengguna.
3. Sharing Sharing adalah kegiatan
mengirimkan menggambarkan pertukaran, pembagian, serta penerimaan konten berupa
teks, gambar, atau video yang dilakukan oleh para pengguna. Para pengguna media
sosial semakin giat dengan kreatifitasnya masing-masing sehingga memberikan
karakteristik antara satu akun dengan akun lain. Sharing juga merupakan fungsi
yang penting terhadap perkembangan media sosial saat ini.
4. Akses
pengguna/Presence Media sosial terbagi kedalam 3 kategori yaitu, bebas akses,
terbatas, dan tertutup. Setiap media memiliki karakteristiknya masing-masing,
ada yang membebaskan penggunanya untuk saling mengakses seperti facebook dimana
setiap yang tergabung pada facebook akan dapat diakses oleh siapa saja,
sementara instragram memberikan akses terbatas dengan pengaturan tertutup atau
terbuka. Disisi yang sama terdapat pengaturan tertutup untuk instagram sehingga
privasinya dapat terlindungi.
5. Pertemanan/Relationship Media sosial menjadi
sarana untuk menghubungkan pengguna dari tempat yang berjauhan sehingga dapat
melakukan hubungan saling menguntungkan antara kedua belah pihak. Pertemanan
pada media sosial dapat secara hobi, peminatan, bahkan pekerjaan yang sama.
6.
Reputation Media sosial merupakan sarana reputasi dimana pengguna melakukan
upaya untuk membangun citra dirinya. Banyak orang dengan sangat efektif
membangun reputasinya melalui media sosial, dampak negatifnya seseorang
melakukan segala cara yang tidak baik. Padahal pengguna tidak serta merta dapat
menghapus reputasinya di mata pengguna media sosial. Bijak menggunakan media
sosial untuk membangun reputasi yang baik terutama dengan prestasi dan kegiatan
positif adalah yang baik.
7. Groups Menggambarkan para pengguna dapat membentuk
komunitas dan sub-komunitas yang memiliki latar belakang, minat, atau demografi.
Media sosial menyediakan konten untuk membuat grouping bagi yang membutuhkannya.
Sehingga mereka dapat melakukan diskusi untuk topik yang sama dan sesuai dengan
aturan group masing-masing.
3. Jenis jenis media sosial dalam bisnis online
Media sosial sebagai salah alternatif bagi seseorang memutuskan penjualan
bisnis online sudah banyak yang merasakan manfaatnya, karena dengan hanya
memanfaatkan handpone dan group yang terdapat dalam media sosial tersebut usaha
online shop dapat dilakukan. Dibanding dengan online shop menggunakan
marketplace atau e-commerce yang bergelimpangan dana dan dapat membuat
macam-macam promosi seperti flash sale, gratis ongkir, dsb. Menurut analisa
pelaku bisnis online golongan mikro diatas 98% menggunakan media sosial. berikut
keunggulan media sosial bila dibandingkan dengan e-commerce dan marketplace
diantaranya adalah :
1. Jaringan pertemanan mendominasi media sosial
2. Foto dan
deskripsi yang lebih menarik
3. Populer dikalangan nitizen
4. Paling sering
dilihat
5. Bentuk media sosial yang user friendly membuat produk lebih dinikmati
Untuk pembahasan dalam materi ini mari kita ulas satu persatu jenis media sosial
yang efektif untuk penjualan diantaranya adalah:
1. Facebook masih merajai media
sosial saat ini, nilai saham facebook yang sangat besar dan penggunanya lintas
manca Negara membuat facebook begitu diminati oleh para pengguna media sosial.
Bila anda memiliki bisnis tidak ada salahnya anda mulai menggunakan facebook,
melalui post facebook dan story facebook saat ini produk anda ditampilkan secara
optimal. Salah satu keunggulan facebook dibanding media sosial lainnya
diantaranya adalah :
1. Facebook punya jaringan paling luas
2. Facebook
mempunyai database yang terkategori rapih
3. Bentuk post facebook memudahkan
seseorang membuat promosi
4. Berpotensi dilihat lebih sering
5. Facebook simple
dengan platform yang luas Rasanya saat ini perusahaan apapun tetap membutuhkan
facebook untuk mengiklankan produknya atau sekedar menyapa penggunanya.
2.
Instagram Instagram bukan media sosial yang dikenal public terlebih dahulu, ada
path yang sempat populer di Indonesia. Namun, path gulung tikar sekarang ini,
dan instagram jadi platform yang visual yang paling populer saat ini, instagram
memberikan tampilan semenarik mungkin bagi penggunanya untuk melakukan berbagai
rekaman kegiatan dan aktifitas. Banyak fitur yang dapat anda kembangkan untuk
mendukung bisnis anda, mulai yang gratis atau menggunakan periklanan instagram
sendiri. Anda dapat meningkatkan followers akun anda, anda dapat membuat funnel
bisnis anda, anda dapat mempromosikan perusahaan anda atau hanya sekedar
memberikan informasi grafis.
3. Youtube Bila ada ranking pengguna media sosial
saat ini youtube menjadi yang nomor 1, youtube menjawab semua kategori konsumen.
Youtube menangkap konsumen dari visual, non visual, audio, sampai kinestetik.
Youtube memberikan tampilan video yang paling populer saat ini. Youtube juga
membuat kerjasama dengan konsumennya lewat pembagian iklan yang diterima youtube
sendiri. Sehingga timbul profesi yang dikenal dengan youtuber. Anda dapat
mempromosikan bisnis anda dengan youtube dengan mengajak para youtuber melalui
program affiliasi, membuat info penggunaan produk anda, video perkenalan
perusahaan, dll.
4. Twitter Twitter merupakan media sosial dengan 140 kata
dalam setiap postingnya, twitter memiliki hastag yang begitu dikenal hingga
dapat menggiring opini masyarakat secara umum. Memang twitter tidak sejaya dulu,
namun twitter masih memegang peranan penting dalam hal memperkenalkan brand
kepada audience. Twitter memberikan kesempatan kepada siapa saja untuk
mempromosikan produknya tanpa terkecuali. Anda dapat membuat hastag, atau bahkan
mengikuti hastag orang lain, berbeda dengan 3 platform diatas kata-kata menjadi
kunci utama kesuksesan bisnis menggunakan twitter. Jadi anda sudah bisa membuat
rima, puisi dan sebagianya, sehingga produk anda dinikmati oleh konsumen.
5.
Pinterest Pinterest adalah kumpulan besar ide visual pengguna sosial media,
dengan pinters pengguna media sosial terkategori secara baik. Anda akan di
kelompokkan berdasarkan hobi anda atau peminatan anda sendiri, membuat gambar
yang menarik dan menyertakan pin dan melakukan link ke website atau perusahaan
anda akan mendatangkan banyak konsumen potensial bagi bisnis anda. Pinterest
punya banyak audience perempuan yang besar, anda dapat mempromosikan masakan,
menjahit, fashion,rias, dsb. Pinterest adalah alternatif jitu bagi anda yang
ingin memperluas pasar anda.
6. Linkedin Linkedin merupakan platform media
sosial bagi siapa saja, layaknya google + linkedin membantu banyak pengguna
berkumpul sesuai dengan profesi dan peminatannya. Linkedin memadukan berbagai
genarasi didalamnya, banyak sumber-sumber professional mengalir di linkedin,
anda dapat memberikan wawasan baru tentang bisnis anda menggunakan linkedin. Dan
ada juga beberapa media sosial yang lainnya.
4. Cara pemasaran bisnis online
menggunakan media sosial Strategi pemasaran dalam bisnis online saat ini,
menjadi sesuatu yang berharga untuk memasarkan sebuah branding produk, promosi
personal sampai perusahaan, dan mengedukasi pasar. Banyak cara untuk melakukan
pemasaran menggunakan media sosial, lakukanlah dengan langkah dan cara yang
efektif dan efisien sesuai dengan perkembangan zaman dan sesuai segmentasi pasar
dalam pemasaran produknya. Terdapat beberapa cara memasarkan produk menggunakan
media sosial diantaranya:
1. Bagikan konten berharga Konten adalah hal yang
menjadi keseluruhan ide yang disalurkan kepada khalayak untuk menjadi referensi,
masukan, pendidikan dan hal lainnya. semua orang bisa membuat konten, namun
konten yang berkualitas tidak semua orang bisa membuatnya. untuk itu dibutuhkan
adanya perencanaan, latihan, dan pencarian wawasan agar sebuah konten menarik
untuk di lihat dan dibaca. diera digital ini konten seakan menjadi ruh, dan
viral adalah hal yang dicari sebagai bentuk popularitas. dari konten tersebutlah
anda dapat memanfaatkan keberhasilan sebuah konten untuk di tarik pada kegiatan
bisnis seperti promosi dan penjualan.
2. Pisahkan account pribadi dan account
bisnis Untuk lebih fokus dalam bisnis sebaiknya pisahkan account media ssosial
pribadi dan account media sosial bisnis, namun buat link antara acount tersebut
untuk meyakinkan follower. Dalam mengelola media sosial kita, usahakan tidak
melulu berpromosi. bagi porsi konten media sosial anda, misal 80 persen edukasi
20 persen promosi. sehingga para follower anda masih melihatnya sebagai batas
kewajaran.
3. Posting Judul dan artikel yang menarik Judul begitu penting dalam
sebuah posting baik itu foto atau sebuah artikel. media sosial memberikan
tampilan yang diharapkan oleh pengguna. sehingga postingan biasa pun dengan
otomatis akan di tampilkan secara proporsional oleh media sosial tersebut.
Memastikan follower tertarik dengan apa yang kita tulis adalah, kita memang
tertarik membacanya. kadang perlu membaca sendiri apa yang kita tulis untuk
mendapatkan gambaran seberapa menarik tulisan anda, atau masih ada yang harus di
perbaiki.bila anda sendiri memang tertarik dengan hal tersebut, bukan tidak
mungkin maka orang lain juga akan suka membacanya.
4. Melakukan update berkala
dan konsisten memperbaiki konten Buatlah update secara berkala pada media
sosial, tidak harus setiap hari, namun harus ada waktu yang ditetapkan entah
seminggu sekali atau sebulan sekali, membuat updating terhadap media sosial
menghindari kekecewaan follower dan membuat follower tidak meninggalkan anda.
Memperbaiki konten anda setahap demi setahap, terus belajar mendapatkan info
terbaru yang mendukung perbaikan konten anda akan meningkatkan kemampuan anda
dalam hal pengelolaan media sosial
5. Mengikuti komunitas dan jadikan follower
merasa penting Mengikuti komunitas membuat anda tidak out of date, wawasan anda
bertambah, semangat anda tak mudah down. komunitas menjaga kita tetap konsisten
dan bersemangat. carilah komunitas yang sesuai dengan niche anda. jadilah
anggota komunitas yang aktif dan memberikan kontribusi didalamnya supaya anda
benar-benar merasakan manfaatnya. Dalam memahami folower ingat pepatah
mengatakan “pembeli adalah raja” tidak sepenuhnya sesuai tapi cukup
menggambarkan begitu pentingnya sebuah pelayanan. kepada pembeli saja seperti
itu, bagaimana dengan orang yang menjadi follower kita. Pepatah lain
menggambarkan pentingnya jaringan pertemanan” Teman mu isi dompetmu”, semakin
banyak follower semakin banyak isi dompet seseorang. dan hari ini pepatah ini
berlaku di era digital seperti sekarang ini.
6. Memasarkan gaya hidup melalui
sosial media Para pemilik media sosial berpengaruh kadang perlu sekali waktu
memasarkan gaya hidup untuk dapat menarik perhatian para konsumen sekaligus
produsen untuk mengambil keputusan mengadakan perjanjian dengan anda agar
brandnya masuk dalam media sosial ada. bahkan para influencer hampir seluruh
yang melekat didirinya adalah hasil sponsor atau endorse. namun, sebelum itu
anda modal yang harus dikeluarkan sebelumnya untuk mendapatkan hasil seperti
itu.
7. Rutin memberi respon dan menjawab komentar Respon membuat pengikut anda
merasa dihargai, membuat mereka semakin tertarik dengan media sosial anda dan
terus meningkatkan eksistensi akun anda. perhatikan bagaimana sekarang respon
rutin dilakukan bahkan oleh orang-orang yang sudah populer sekalipun. mereka
memberi respon karena popularitas mereka didapat dari follower mereka. jadi
siapapun kita, merespon media sosial kita menjadi hal yang harus rutin kita
lakukan.
8. Eksperimen konten dan fokus channel Membuat eksperimen kecil-kecilan
di media sosial anda, menjaganya tidak kosong atau sepi. komentari banyak hal
yang sedang viral atau sekedar memanfaatkan menyapa diwaktu-waktu pagi dan sore
ketika orang sedang pulang beraktifitas akan menjadi masukan untuk anda mencari
tempat terbaik untuk melakukan konten. beberapa manfaat dari eksperimen konten
diantaranya adalah :
1. mengetahui waktu terbaik upload konten
2. mengetahui
siapa yang sering komentar
3. konten seperti apa yang menarik
4. apa peluang
yang bisa dimanfaatkan untuk konten anda
5. menambah follower tentunya
Selanjutnya fokus pada 1 channel, dan bila sudah dirasa baik, baru anda dapat
menambah ke channel yang lain. hal ini lebih baik dibandingkan dengan anda harus
membuat banyak channel.
9. Gunakan media periklanan Membuat iklan dan
mengiklankan media sosial anda membantu anda meningkatkan media sosial anda
dengan ramainya follower anda. sertakan link anda pada media periklanan yang ada
seperti membuat iklan pada influencer orang lain atau hanya melampirkan link
media sosial anda pada kegiatan youtuber anda atau aktifitas lainnya.
10.
Bekerjasama dengan influencer Influencer berpengaruh besar membawa arus
pengunjung pada media sosial yang anda kelola. bekerjasama dengan para
influencer misalnya ketika anda jadi narasumber mereka, anda juga bisa meminta
mereka jadi narasumber anda. dengan begitu anda dapat meningkatkan media sosial
anda.
Selain cara tersebut diatas masih banyak cara lain seperti; membuat even
kontes, big sale discount, dsb. Semuantya semata-mata untuk memanfaatkan media
sosial senbagai ajang bisnis online yang menguntungkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar